Transportasi Ke Nusa Penida Bali | Biaya Ke Nusa Penida Island Bali

Ini adalah transportasi ke Nusa Penida Bali dan rincian detail biaya ke Nusa Penida Island Bali, khusus bagi kamu yang ingin liburan ke Pulau Nusa Penida serta wisata ke Nusa Penida. Keindahan Nusa Penida sebagai atraksi andalan wisata di Baru terbaru memang telah dikenal secara luas oleh khalayak umum, bahkan hingga mancanegara. Akan tetapi ternyata masih banyak yang bingung dan belum tau bagaimana transportasi ke Nusa Penida serta harus berapa banyak rincian biaya ke Nusa Penida. 

Pulau Nusa Penida memang menawarkan segudang tempat indah nan menarik khusus bagi siapapun yang ingin merasakan wisata di Nus Penida. Hanya saja memang segala potensi tersebut seakan kurang mendapatkan respon serta perhatian dari pihak Pemprov Bali, sehingga barulah sekitar 3 atau 4 tahun belakangan ini, nama Nusa Penida mulai dilirik banyak kalangan pecinta travelling dan berhasil masuk sebagai salah satu destinasi wisata Bali terfavorit. Dari kian hari kian banyak orang yang mulai berkunjung, maka akan berdampak positif pula bagi pendapatan daerah melalui sektor Pariwisata Bali. 

Khusus bagi kita para muda mudi penggemar travelling, tentulah sudah tak asing bukan akan tempat wisata di Nusa Penida yang fotonya banyak tersebar di berbagai jejaring media sosial. Dimana untuk sederet tempat menarik yang ada di wisata Nusa Penida terbaik telah saya kupas secara detail dalam konten artikel diatas. Kendati demikian, seperti dalam penjelasan diawal dimana ternyata banyak yang masih bingung bagaimana cara menyeberang ke Nusa Penida. Kemudian bagi kamu yang tak ingin menggunakan paket Nusa Penida tour, kamu sebenarnya juga dapat wisata backpacker ke Nusa Penida dengan rincian biaya yang tak terlalu besar. Demi menjawab segala persoalan tersebut, maka kali ini saya akan mengulas tentang transportasi ke Nusa Penida serta biaya ke Nusa Penida yang dibutuhkan dalam konten artikel Tempat Wisata Mania berikut ini.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal transportasi ke Nusa Penida Bali dan biaya ke Nusa Penida Island Bali. Semoga kiranya segala informasi yang akan disampaikan nantinya dapat menjadi sumber referensi tambahan bagi kamu atau pun para pembaca budiman sekalian.

transportasi ke Nusa Penida
transportasi ke Nusa Penida
Jika bicara tentang menyeberang ke Nusa Penida sebenarnya ada banyak opsi yang dapat kamu gunakan dan disesuaikan dengan buged. Dimana pilihannya tersedia bagi kamu yang ingin wisata Nusa Penidah murah hingga yang lebih spesial pun tersedia. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi ke Nusa Penida beserta rincian biaya ke Nusa Penida yang dibutuhkan,

1. Dari Pantai Sanur ke Nusa Penida


transportasi ke Nusa Penida
suasana di Pantai Sanur 
Ini merupakan cara menyeberang ke Nusa Penida yang umum digunakan bagi mereka yang ingin berkunjung ke Pulau Nusa Penida. Dimana kamu hanya cukup mengarahkan kendaraan kamu menuju lokasi Pantai Sanur di sebelah timur Denpasar, Bali. Kemudian setibanya kamu di lokasi Pantai Sanur, kamu dapat mencari loket resmi penyeberangan fast boat ke Nusa Penida. Tetapi biasanya sudah ada banyak orang yang akan menawarkan kamu menggunakan jasa mereka untuk mengantarkan kamu ke Nusa Penida. Dari banyaknya perusahaan kapal cepat atau boat ke Nusa Penida inilah, maka berpengaruh terhadap biaya ke Nusa Penida yang cukup bervariasi.

Tawar menawar harga tentulah akan terjadi agar dapat menemukan harga yang terbaik tentunya. Namun biasanya biaya menyeberang ke Nusa Penida terbaru update 2017 berkisar antara Rp. 160.000/orang hingga Rp. 250.000/orang (include Pergi-Pulang). Perihal jadwal keberangkatan dari Pantai Sanur ke Pulau Nusa Penida atau pun sebaliknya, biasanya terdapat 2 kali keberankatan yakni di pagi hari pukul 07.30 Wita dan sore hari pukul 16.00 Wita dengan lama perjalanan laut sekitar 30-45 menit tergantung kondisi arus laut.


2. Dari Pelabuhan Tribuana ke Nusa Penida


transportasi ke Nusa Penida
kapal dari Gangga Express
Pelabuhan Tribuana memiliki nama lain Pelabuhan Kusamba, dikarenakan memang lokasinya yang berada di Dusun Kusamba, Desa Dawan, Klungkung yang berjarak sekitar 35.5 Km dari kota Denpasar. Kemudian nantinya jika kamu menggunakan opsi ini untuk transportasi ke Nusa Penida maka kapal yang akan kamu gunakan nantinya berlabu di Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida dan Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida

Dari Pelabuhan Tribuana, kamu dapat menggunakan dua opsi kapal yang akan digunakan yaitu perahu sampan dan Speedboat. Dimana untuk perahu sampan biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 25.000/orang dan memerlukan waktu perjalanan laut sekitar 60 menit tergantung kondisi laut untuk dapat tiba di Pelabuhan Desa Toya Pakeh, Nusa Penida. Kemudian jika kamu memilih menggunakan kapal cepat atau speedboat, kamu dapat menggunakan jasa dari perusahaan Gangga Express. 

Gangga Express yang melayani tujuan penyeberangan dari Pelabuhan Tribuanan menuju Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Buyuk. Perihal biayanya sekitar Rp. 55.000/orang dengan lama perjalanan laut sekitar 30 menit tergantung kondisi laut. Untuk jadwal keberangkatan terbagi menjadi 3 kali perjalanan untuk Pelabuhan Tribuana menuju Pelabuhan Sampalan yaitu setiap pukul 07.00 Wita, 08.00 Wita dan 14.30 Wita. Kemudian untuk perjalanan kembali dari Pelabuhan Sampalan menuju Pelabuhan Tribuana setiap pukul 06.30 Wita, 07.30 Wita dan 14.00 Wita.

Kemudian untuk rute penyeberangan Pelabuhan Tribuana ke Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida terdapat 2 kali keberangkatan yakni dari Pelabuhan Tribuana ke Pelabuhan Buyuk pada pukul 07.30 Wita dan 13.30 Wita. Lalu untuk perjalanan kembali dari Pelabuhan Buyuk menuju Pelabuhan Tribuana pada pukul 07.00 Wita dan 12.30 Wita.

sebelum lanjut, tambahan informasi juga tentang Tempat Wisata di Nusa Lembongan.


3. Dari Pelabuhan Pantai Pesinggahan (Goa Lawah) ke Nusa Penida


transportasi ke Nusa Penida
kapal dari Caspla Boat Bali
Merupakan sebuah pantai yang telah dilengkapi dengan sebuah pelabuhan milik perusahaan Caspla Boat Bali. Dimana perusahaan ini yang telah membuka jalur penyeberangan dari Pantai Pesinggahan ke Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida dengan 3 kali jadwal keberangkatan yakni pada pukul 07.30 Wita, 13.30 Wita dan 16.00 Wita. Kemudian untuk jadwal kembali dari Pelabuhan Buyuk menuju Pantai Pesinggahan pada pukul 07.00 Wita, 13.00 Wita dan pukul 15.00 Wita. Perihal biaya menyeberang dari Pantai Pesinggahan ke Pelabuhan Buyuk atau sebaliknya sekitar Rp. 50.000/orang.


4. Dari Tanjung Benoa ke Nusa Penida


transportasi ke Nusa Penida
kapal Quicksilver Cruise Bali
Bagi kamu yang ingin mendapatkan fasilitas yang spesial, maka kamu wajib untuk menggunakan jasa Quicksilver Cruise Bali yang telah membuka penyeberangan dari Tanjung Benoa menuju Nusa Penida. Dimana selain kamu dapat diantar ke Pulau Nusa Penida, kamu pun akan dilayani dengan penuh ramah serta dapat menikmati pengalaman berlibur di sebuah pelabuhan apung ditengah laut (Phonton). Untuk Phonton milik Quicksilver Cruise ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta beberapa wahana watersport seperti Banana Boat, Snorkeling, Mini Submarine/kapal selam, watersliding, jetski, parasaling, spa dan masih banyak lagi. 

Perihal biaya tiket Quicksilver Cruise untuk penyeberangan ke Nusa Penida sebagai berikut,

Wisatawan Domestik
Dewasa                                                  Rp. 900.000/orang
Anak-anak (5-14 thn)                            Rp. 660.000/orang
Paket Family (2 Dewasa dan 2 Anak)  Rp. 2.750.000/pack

Wisatawan Mancanegara
Dewasa                         $ 100/orang
Anak-anak (5-14 thn)   $   55/orang
< 5 thn   Gratis

*Harga tersebut include 
  • Asuransi
  • Penjemputan Pergi-Pulang untuk daerah Kuta, Legian, Jimbaran, Nusa Dua
  • Makan siang buffet
  • Tour ke Desa Nusa Penida
  • Watersport (Perahu kano, Banana Boat, Snorkeling)
  • Mini Submarine
  • Water sliding
Untuk fasilitas lain dikenakan biaya tambahan seperti
  • Diving           Rp. 500.000/orang
  • Paraselling    Rp. 135.000/orang
  • Jetski             Rp. 250.000/orang
  • Spa                Rp. 250.000/orang
(sebaiknya reservasi terlebih dahulu untuk spesial price)


5. Dari Pelabuhan Padang bai ke Nusa Penida


transportasi ke Nusa Penida
kapal ferry Roro
Berikut ini merupakan salah satu transportasi ke Nusa Penida yang paling difavoritkan bagi pengunjung yang ingin wisata bacpacker ke Nusa Penida. Mengapa begitu? pasalnya kamu dapat menuju lokasi Pelabuhan Padang Bai yang terletak di manggis, Karangasem untuk menggunakan jasa kapal ferry Roro. Dimana untuk kapal ferry ke Nusa Penida mempunyai 2 kali jadwal keberangkatan disetiap harinya yakni untuk Padang Bai-Nusa Penida berangkat pagi pada pukul 08.30 Wita dan tiba pada pukul 09.30 Wita. Kemudian untuk keberangkatan sore pada pukul 15.30 Wita dan  tiba pukul 16.30 Wita. Jika untuk perjalanan kembali dari Nusa Penida-Padang Bai juga terdapat 2 kali jadwal keberangkatan yakni pagi pukul 06..30 Wita tiba pukul 07.30 Wita, kemudian untuk sore pada pukul 17.30 Wita tiba pukul 18.30 Wita.

Perihal biaya penyeberangan dari Padang Bai menuju Nusa Penida atau sebaliknya terbaru update 2017 sebagai berikut,

Kelas VIP
Dewasa          Rp. 35.000/orang
Anak-anak     Rp. 25.000/orang

Kelas Ekonomi
Dewasa         Rp. 25.000/orang
Anak-anak    Rp. 20.000/orang

*Harga tersebut untuk 1 kali perjalanan.

Selain memiliki biaya yang lebih murah, masih ada kelebihan lainnya jika kamu menggunakan opsi transportasi ke Nusa Penida ini yakni kamu dapat membawa serta kendaraan kamu untuk nantinya dipergunakan berkeliling di Pulau Nusa Penida. Berikut adalah biaya angkut kendaraan kapal ferry Roro Pelabuhan Padang Bai,

Mobil pribadi       Rp. 250.000/unit
Mobil barang       Rp. 175.000/unit
Motor                   Rp.   30.000/unit
Sepeda Gunung   Rp.   10.000/unit

Lantas mengapa perlu kendaraan? pasalnya mengingat luasnya Nusa Penida, tentulah kamu membutuhkan kendaraan, akan tetapi di pulau ini tak terdapat angkutan umum. Sehingga jika kamu tak membawa kendaraan, maka kamu haruslah menyewa di sekitar Pelabuhan Nusa Penida. Dengan biaya sekitar Rp. 65.000 hingga Rp. 70.000/hari untuk sepeda motor, kemudian untuk mobil sekitar Rp. 900.000/hari. Akan tetapi saya rekomendasikan kamu lebih baik menggunakan motor saja selama berada di Pulau Nusa Penida, pasalnya kebanyakan jalan di pulau ini kecil dan belum beraspal. Sehingga cukup merepotkan bila ada dua mobil yang berpapasan.

Sebagai tambahan wawasan juga tentang Pantai di Gunungkidul terbaru.

Demikianlah ulasan saja kali ini perihal transportasi ke Nusa Penida Bali atau biaya ke Nusa Penida Island Bali. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasi yang telah tersaji dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel