Wisata Cibulan Kuningan | Pemandian Cibulan Tempat Wisata Di Kuningan Terbaik

Objek wisata Cibulan Kuningan Jawa Barat pemandian kolam renang Cibulan memang salah satu tempat wisata di Kuningan terbaik yang sudah terkenal di Indonesia. Nama besarnya memang sudah dikenal oleh khalayak umum sebagai salah satu objek wisata Kuningan yang memiliki potensi mengagumkan serta unik. 

Kabupaten Kuningan Jawa Barat memang memiliki banyak potensi wisata yang mengagumkan tersebar dibeberapa titik wilayahnya. Keindahan beberapa tempat wisata Kuningan terkenal bahkan sudah sejak lama akan tetapi khusus bagi kamu yang masih belum terlalu akrab dengan Pariwisata Kuningan ada baiknya kamu dapat simak ulasan berikut ini. Jika mengacu pada pernyataan sebelumnya yang menyatakan banyak lokasi wisata yang telah dikenal sejak lama, lantas lokasi manakan yang menjadi destinasi wisata di Kuningan yang paling tertua? mungkin dalam benak kamu terbesit akan pertanyaan serupa. Kemudian sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut ialah objek wisata kolam pemandian Cibulan Kuningan. Pasalnya tempat wisata ini telah dibuka untuk umum sejak 27 Agustus 1939 dan diresmikan langsung oleh Bupati Kuningan yang menjabat kala itu yakni R.A.A Mohamad Ahmad. Dikarenakan potensi keunikannya, objek wisata Cibulan masih tetap eksis sebagai tempat wisata di Kuningan terpopuler hingga saat ini. Cukup membanggakan bukan? 

Mengapa kolam renang Cibulan dikatakan unik? seperti yang telah kamu ketahui bersama bahwasanya selain memiliki kolam dengan air yang jernih di wisata Cibulan juga menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda dibandingkan dengan kolam pemandian umumnya. Penasaran akan keunikan tersebut? kamu dapat simak ulasan selengkapnya dalam konten artikel Tempat Wisata Mania kali ini.

Pada siang hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal wisata Cibulan Kuningan atau Pemandian Cibulan tempat wisata di Kuningan terbaik. Semoga kiranya dari segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu atau pun para pembaca budiman sekalian.

Cibulan Kuningan
wisata Cibulan Kuningan
Jika pada beberapa kesempatan lalu, saya telah mengulas beberapa destinasi wisata Kuningan terpopuler di beberapa media sosial seperti Bukit Panembongan dan Telaga Remis, maka kali ini saya akan kembali mengangkat potensi wisata apa saja yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi kamu yang ingin liburan ke Kuningan. Secara gambaran umum, Cibulan merupakan sebuah objek wisata pemandian air dingin yang memiliki aliran sumber air dari Gunung Ceremai, dikarenakan memang masih terletak dalam kawasan kaki gunung tersebut secara otomatis cuaca disekitar lokasi ini pun sejuk. 

Kelebihan tempat wisata Cibulan jika dibandingkan tempat lainnya ialah dengan menghadirkan pemandian kolam renang yang memiliki air jernih dan menghadirkan atraksi wisata tambahan berupa memberikan kesempatan pada para pengunjung untuk dapat merasakan sensasi berenang dengan ratusan Ikan Dewa. Sungguh menarik bukan? Ikan ini memiliki bentuk menyerupai ikan mas tapi lebih memiliki badan yang memanjang berwarna abu-abu kehitaman dengan warna merah/orange dibagian sirip dan ekor. Ikan yang bisa tumbuh hingga panjang 1 meter ini memiliki nama lain yaitu "Ikan Kancra Bodas (tor douronensis)" namun oleh masyarakat sekitar ikan ini lebi dikenal dengan nama Ikan Dewa. Bagi para warga ikan tersebut dianggap keramat dengan keistimewaan tertentu sehingga tak seorang pun yang berani mengganggu atau mengambil ikan ini. Kepercayaan secara turun temurun ini mengisahkan barang siapa yang mengambil dan mengkonsumsi Ikan Dewa maka hidupnya akan dilanda kemalangan atau kesialan yang berkepanjangan. Terlepas benar atau tidaknya dari mitos tersebut, akan tetapi yang jelas hal itu membuat Ikan Dewa Cibulan dapat berkembang biak dengan aman.

Cibulan Kuningan
Ikan Dewa Cibulan
Sebagai tambahan informasi, di Kuningan sebenarnya ada tiga lokasi wisata Cirebon Kuningan yang hampir serupa yakni Kolam Linggarjati di Taman Linggarjati Indah, Kolam Cigugur dan Kolam Darma Loka. Sebelum lanjut, taukah kamu tentang asal usul sejarah Cibulan Kuningan? seperti banyak lokasi keramat di Indonesia yang memiliki beberapa versi tentang asal usulnya, demikian pula dengan Cibulan Kuningan dimana untuk tempat ini memiliki beberapa versi kisah cerita sebagai berikut,

1. Kisah tentang Putri Buyut Manis

Kata Cibulan sendiri dipercaya berasal dari kata "Cai" dalam bahasa sunda yang berarti Air kemudian "Katimbulan" yang berarti Muncul. Dimana konon dikisahkan Putri Buyut Manis yang terkenal akan parasnya yang cantik sehingga membuat Putra Buyuut Talaga ingin meminangnya menjadi sang istri. Akan tetapi ternyata Sang Putri telah memiliki pujaan hatinya sendiri dan tak mau dipersunting oleh Sang Pangeran, sehingga putri lebih memilih pergi menghilang dari bumi. Tempat terakhir sebelum putri menghilang ini berubah menjadi sebuah sumber mata air yang oleh warga dinamakan Cibulan.

2, Sebagai peristirahatan para Wali

Terdapat pula versi kisah lainnya yakni tentang lokasi Cibulan yang berawal dari kedatangan para Wali yang datang ke Cirebon dan mempunyai misi untuk menyebarkan islam pada masyarakat Kuningan. Setelah menginjakkan kaki di daerah Cibulan, para Wali menemukan sebuah sumber mata air dan dikarenakan perjalanan yang cukup jauh dari Cirebon-Kuningan maka para wali menjadikan lokasi ini sebagai tempat peristirahatan. Kemudian disekitar lokasi tersebut dibuatlah sebuah kolam dan diperlihara lah beberapa Ikan Karca Bodas yang hingga saat ini dikeramatkan oleh para warga sekitar.

3. Tentang para prajurit Kerajaan Padjajaran

Berawal dari kisah para prajurit dari Kerajaan Padjajaran yang membangkang, kemudian oleh Sang Prabu Siliwangi para prajurit tersebut dikutuk dan berubah menjadi ikan. 

Sebagai penguat kisah ke-3 disekitar barat kompleks wisata Cibulan terdapat setidaknya 7 buah sumber mata air berbentuk kolam-kolam kecil yang dinamakan oleh para warga sekitar dengan nama "Tujuh Sumur". Untuk kesemua sumur-sumur ini memiliki namanya masing-masing seperti contohnya Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Ciranca, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan dan Sumur Keselamatan. Menurut salah satu warga menuturkan bahwasanya di Sumur Cirancana berisi seekor kepiting emas, dimana bila ada seorang pengunjung yang sedang beruntung dapat melihat perwujudan dari kepiting emas tersebut, maka segala keinginannya akan terkabul. Tambahan informasi tentang Tempat Wisata Wonosari Selain Pantai.
.
Keunikan lainnyaa ialah 7 sumur ini terletaak mengelilingi sebuah menhir atau batu besar yang berdiri tegak diatas tanah menyerupai sebuah Tugu. Menurut cerita yang beredar disanalah merupakan petilasan Sang Prabu Siliwangi yang sering digunakan oleh beliau sekembali setelah berperang melawan Kerajaan Mataram. Diantara batu tersebut diletakkan pula dua buah patung harimau yang menjadi lambang dari Kerajaan Padjajaran. Dikarenakan nama dari masing-masing sumur inilah yang menjadikannya sering dikunjungi oleh banyak orang untuk berziarah, terutama saat malam Jumat Kliwon atau selama bulan Maulud dalam penanggalan Hijriah. Biasanya para peziarah ini membawa air dari tempat ini dan dipercaya dapat membawa berkah dan dapat mengabulkan permintaan mereka. Menurut asumsi saya pribadi, sungguh lucu melihat tingkah laku orang-orang ini, dimana bukankah Tuhan Sang Maha Besar tempat kita meminta segala sesuatu, Tuhan tak kekurangan apapun dan tak ada kekuatan apapun yang mampu menandingiNya. Lantas jika ingin sesuatu mengapa kita meminta pada yang lain? kemudian jika memang pada Tuhan lah kita meminta segalanya lalu mengapa harus khusus ditempat itu? 

Lokasi wisata Cibulan terletak pada Jalan Raya Kuningan-Cirebon atau tepatnya di Desa Maniskidul, Jalaksana dengan jarak sekitar 9.5 Km saja dari pusat Kota Kuningan, kemudian jika dari Kota Cirebon hanya berjarak sekitar 23.9 Km. Bagi kmau yang ingin berkunjung, kamu dapat menggunakan jalan menuju Pemandian Cibulan Kuningan dengan rute sebagai berikut,

*Pemandian Cibulan dari Kuningan
  • Arahkan kendaraan kamu menuju Jl. Baru Awirarangan lalu Jl. Eyang Weri hingga nantinya melewati Lapangan Stadion Mashud Wisnusaputra.
  • Setelah melewati Stadion nantinya akan ada sebuah perempatan jalan lalu belok kanan melewati Jl. Siliwangi, kemudian lurus terus hingga nantinya kamu akan menemukan sebuah Tugu disamping Taman Kunci Bersama dan ambil jalan lurus agar tetap berada di Jl. Siliwangi. 
  • Ikuti terus jalan tersebut hingga nantinya kamu melewati kawasan Pasar Kramatmulya. Kemudian ikuti jalan tersebut hingga nanti kamu masuk ke Jl. Raya Maniskidul dan menemukan plang di kanan jalan "Objek Wisata Cibulan" lalu kamu hanya cukup masuk jalan tersebut.
Cibulan Kuningan
dari Tugu ambil jalan lurus
Cibulan Kuningan
plang jalan 
*Pemandian Cibulan dari Cirebon
  • Arahkan kendaraan kamu menuju Jl. Kesambi Raya dan lewati Bandara Cakrabhuana Cirebon lalu ke arah Jl. Pantura.
  • Setelah itu arahkan menuju Raya Cirebon Cilimus lalu ke Jl. Raya Beber. Ikuti terus jalan tersebut hingga nanti menuju Jl. Raya Cilimus.
  • Ikuti terus jalan tersebut hingga nantinya kamu menemukan sebuah gapura masuk Objek Wisata Pemandian Cibulan Kuningan di Desa Maniskidul. 
Cibulan Kuningan
gapura masuk Cibulan Kuningan
Cibulan Kuningan
wisata Cibulan Kuningan
Cibulan Kuningan
pintu masuk Cibulan Kuningan
Setibanya kamu dilokasi kamu akan dikenakan biaya tiket masuk Cibulan Kuningan terbaru update 2017 sebesar Rp. 17.000/orang (untuk Dewasa) dan Rp. 12.000/orang (untuk Anak). Cukup terjangkau bukan? sehingga tak salah jikalau masuk sebagai salah satu tempat wisata Kuningan termurah. Dimana kamu dapat puas berenang atau hanya sekedar bermain air yang terbagi menjadi dua buah kolam besar, untuk kolam pertama memiliki panjang sekitar 35x15 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter, kemudian untuk kolam kedua memiliki ukuran lebih panjang sekitar 45x15 meter yang terbagi lagi menjadi dua bagian berdasarkan kedalamannya yakni antara kedalaman 0.6 meter serta kedalaman 1.2 meter. Secara umum bagi pengunjung yang membawa anak kecil, mereka akan aman jika bermain air pada kolam kedua dibagian yang dangkal. Jika melihat segala keamanan dilokasi ini maka tak salah jika kamu mengajak seluruh anggota keluarga ke tempat wisata keluarga di Kuningan ini.


Cibulan Kuningan
suasana di Cibulan Kuningan
Meskipun kedua kolam tersebut dihuni oleh ratusan Ikan Dewa tetap saja kamu tak perlu khawatir dengan kebersihan air kolam ini, dimana secara berkala setidaknya 1x dalam seminggu kolam-kolam ini akan dikuras airnya, sehingga kejernihan airnya tetap terjaga dengan baik. Disamping menjadi objek wisata untuk umum, kawasan Cibulan juga menjadi sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kuningan, kemudian juga digunakan oleh Perusahaan Pertamina untuk menjadi sumber kebutuhan air bersih bagi dua lokasi komplek perumahan perusahaan tersebut serta untuk memasok kebutuhan air bagi Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa bagian barat di Klayan Cirebon. Cukup vital bukan kehadiran Kolam Pemandian Cibulan ini? 

Kendati begitu Cibulan Kuningan bukan berarti tak mempunyai peranan bagi warga sekitar, dimana tempat ini juga menjadi salah satu sumber pendapatan mereka, dimana mereka diberikan kesempatan menjajahkan aneka jajanan didalam area kompleks wisata yang terbagai menjadi 14 pedagang asongan. Kemudian juga ada beberapa warga lainnya yang membuka warung makanan diluar area kompleks wisata yang hingga saat ini berjumlah sekitar 20 warung makanan. Perihal fasilitas, sebagai salah satu destinasi wisata di Kuningan yang sudah lama tentu saja memiliki fasilitas yang cukup lengkap yakni terdiri dari 6 unit toilet, 2 unit kamar mandi lengkap dengan beberapa ruang ganti baju, penyewaan ban dan musholah. Sebagai tambahan wahana wisata juga disediakan terapi ikan nilem yang dapat berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada kaki pengunjung dengan cara memakannya. Rasa geli saat para kawanan ikan-ikan ini mulai berkumpul disekitar kaki dan memakan sel-sel kulit mati akan terasa begitu menyenangkan, gelak tawa serta berbagai ekspresi dari setiap pengunjung yang mencobanya sungguh lucu dan menghibur. Untuk dapat mencoba terapi ikan ini, kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000/orang (sepuasnya).

Cibulan Kuningan
penyewaan ban
Melihat segala potensi yang terdapat di Cibulan, maka tak heran jikalau tempat ini tetap menjadi pilihan berlibur di wisata Kuningan Jawa Barat yang wajib dikunjungi. Terlebih jika kamu kebetulan sedang berada disekitar kabupaten ini, maka masukkan lah nama Cibulan Kuningan sebagai salah satu destinasi wisata yang sayang bila dilewatkan. 

*Tips
  • Dikarenakan wisata Cibulan Kuningan merupakan objek wisata terkenal pastinya memudahkan kamu dalam menemukan lokasinya.
  • Bawalah baju ganti.
  • Bawalah kamera underwater.
  • Mintalah salah seorang petugas untuk memanggil kawanan ikan agar dapat berkumpul disekitar kamu.
  • Jangan mengangkat Ikan Dewa Cibulan keluar dari air tanpa didampingi petugas, mengingat ukuran ikan yang cuku besar bisa saja dapat berbahaya bila tak berhati-hati, selain itu pun kemungkinan akan mengganggu para ikan tersebut dan membuat stress. 
Berlibur ke Cibulan Kuningan dengan meluangkan waktu bersama para orang terkasih membuat suasananya lebih menyenangkan. Dengan canda dan tawa menghiasi sepanjang hari, membuat diri ini terbebas akan beban kehidupan sehari-hari. Berlibur seyogyanya tak perlu membutuhkan biaya yang besar, bahkan dengan biaya yang minim pun akan terasa menyenangkan. Terlebih kebahagiaan itu bersifat abstrak dan hanya dapat dirasakan didalam hati. Banyak orang BODOH yang mencari dengan susah payah untuk hanya sekedar mendapatkan kebahagiaan. Perlu kita ketahui bersama jikalau Kebahagiaan bukan berarti tercermin dalam segi finansial saja, melainkan Kebahagiaan berasal dari hati yang tulus, tanpa dibuat-buat dan mengalir apa adanya.

Sebagai tambahan wawasan tentang Snorkeling di Pantai Ngambor Jogja.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Wisata Cibulan Kuningan atau Pemandian Cibulan tempat wisata di Kuningan terbaik. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasinya dapat diterima dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel