Pulau Sirandah Padang Wisata Pulau Sirandah Island Wisata Di Padang Terbaru

Objek wisata Pulau Sirandah Padang atau Pulau Sirandah Sumbar sering juga disebut Sirandah Island memang kini seakan memberikan warna baru bagi tempat wisata di Padang terbaru. Sebagai pendatang baru, memang nama Pulau Sirandah terbilang cukup menarik perhatian sehingga dapat diprediksi kelak nanti dapat menjadi wisata di Sumbar terbaik. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika memang Kota Padang memiliki potensi bahari luar biasa terdiri dari gugusan pulau-pulau cantik dalam satu kawasan. Pihak Pemerintah Indonesia pun kini mulai memberikan perhatian khusus terhadap kawasan wisata Mandeh, memberikan perbaikan disegala sektor serta penambahan beberapa fasilitas pendukung pun telah dilakukan, seperti contohnya mempercepat pembangunan akses jalan lingkar penghubung Kota Padang - Mandeh.

Sebelumnya apa kamu tau Pulau Sirandah? merupakan sebuah pulau yang berada dikawasan Pulau Mandeh seperti yang telah dijelaskan beberapa waktu lalu. Dimana kini pulau ini tengah menjadi sorotan khalayak luas penggemar travelling bak secara nasional bahkan hingga mancanegara. Lantas mengapa bisa begitu? temukan jawabannya dalam konten artikel Tempat Wisata Mania berikut ini.

Pada sore hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal potensi Pulau Sirandah Padang wisata Pulau Sirandah Island wisata di Padang terbaru. Semoga kiranya dari segala informasi yang akan disampaikan nantinya dapat berguna dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Pulau Sirandah
Pulau Sirandah
Pihak PemKab memberikan tender pengelolaan pulau ini pada pihak swasta dan mulai dibuka sebagai pulau wisata sejak akhir 2016 lalu, dimana tercatat pada awal 2017 lalu pulau ini mampu menarik minat wisata hingga 3.000 pengunjung. Pihak PT. Multi Wisata Bahari selaku pengelola pun memberikan bocoran terhadap rencana pembangunan yang kini telah rampung 60%, dimana selain dilengkapi dengan fasilitas penginapan di Pulau Sirandah berupa "Sirandah Island Resort". Selain itu nantinya akan ada sebuah wahana permainan air berupa waterpark laut (waterboom). 

Jika kelak seluruh tahapannya telah selesai bukan tak mungkin jikalau tempat ini akan menjadi satu-satunya pulau yang dilengkapi dengan fasilitas selengkap itu Pulau Sumatera. Sebenarnya pembangunan Pulau Sirandah telah dilakukan sejak 2015 lalu dengan target pembangunan selesai pada akhir 2016, akan tetapi ternyata rencana tersebut terpaksa mundur dan kemungkinan akan rampung pada 2018 yang akan datang. 

Sebelum lanjut, apakah kamu tau tentang asal usul sejarah Pulau Sirandah? berawal dari sebuah kata "Sirandah" yang dalam bahasa Minang berarti rendah. Penggunakan kata tersebut dalam penamaan pulau ini bukanlah tanpa sebab, mengacu pada bentuk topologi pantai pulau ini yang lebih menjorok landai ke arah laut. Sehingga jika kamu berdiri disekitar pantai, maka kamu akan merasa lebih rendah dan pulau-pulau lain disekitar akan terasa lebih tinggi dibandingkan dengan pulau ini. Cukup unik bukan?

Lokasi Pulau Sirandah terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Padang Pariaman atau tepatnya berjarak hanya sekitar 800 meter saja dari lokasi Pulau Sikuai. Bagi kamu yang ingin berkunjung, jika memang kamu berdomisili di luar Padang, maka kamu haruslah tiba terlebih dahulu di Kota Padang sebagai start awal perjalanan. Kemudian sama seperti bilamana ingin berkunjung ke pulau-pulau lainnya di Kawasan Kepulauan Mandeh ini, kamu dapat menggunakan 3 opsi rute penyeberangan yakni Pelabuhan Muaro, Dermaga Bungus atau bisa juga dari Dermaga Sungai Pisang (Sei Pisang)

*Jika kamu berjumlah dengan rombongan yang sedikit memang saya rekomendasikan untuk menyeberang melalui Sei Pisang. Pasalnya dermaga ini yang terbilang lebih murah dibandingkan lainnya, sehingga dapat menekan buged agar tak terlalu besar (sangat cocok bagi kamu yang backpacker). Perihal harga menyeberang ke Pulau Sirandah terbaru update 2017 yakni sekitar Rp. 60.000/orang dengan lama perjalanan laut sekitar 45 menit tergantung kondisi laut. Kemudian bila kamu tak ingin repot, biasanya para pemilik kapal akan menawarkan beberapa pilihan paket tour Pulau Sirandah dengan harga yang kompetitif berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 350.000/orang (all in). Dimana harga tersebut sesuai dengan lokasi penyeberangan yang kamu pilih. 

Pulau Sirandah
view Dermaga Pulau Sirandah
Tak lama berselang maka akan tampak sebuah tulisan besar dipesisir pantai bertuliskan "Sirandah Island" yang menjadi penanda jikalau kamu telah tiba di pulau cantik ini. Menginjakkan jemari pertama dan merasakan atmosfer pulau langsung membuat kagum akan keindahannya. Pasir pantai yang halus dan bersih terhampar memutar diseluruh garis pantai pulau ini, selain itu permukaan pasirnya yang cukup landai pun akan membuat kita nyaman kala berenang menyusuri perairannya. Degradasi warna perairannya pun begitu cantik, kejernihannya pun tak perlu diragukan lagi. Secara pulau ini belum terlalu banyak tersentuh oleh tangan manusia, sehingga bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan perairan Pulau Pasumpahan.

Pulau Sirandah
view dari dermaga ke Pulau Sirandah
Mengingat akan hal tersebut, maka bagi kamu yang gemar akan snorkeling atau diving sepertinya sangat pas dan cocok bilamana kamu dapat berkunjung ke pulau ini. Dimana kamu dapat menyelami dan melihat ekosistem yang masih terjaga dengan baik. Bahkan dikarenakan perairannya yang masih sangat bagus, maka tak jarang kamu akan menemukan penyu, lumba-lumba dan bayi hiu disepanjang tahun. Kemudian jika kamu datang pada Desember, maka kamu pun dapat melihat ikan hiu dengan ukuran besar berenang bebas disekitar laut pulau ini. Sungguh seru bukan?

Pulau Sirandah
suasana pantai di Pulau Sirandah
Dikarenakan pulau ini masih berstatus dalam tahap pembangunan maka untuk dapat menginap, kamu dapat camping di Pulau Sirandah. Dengan suasana alam dan ketenangan pulau ini, pastinya kian melengkapi suasana malam di pulau cantik ini. Kemudian bagaimana dengan fasilitas pendukung wisata lainnya? seperti dalam penjelasan sebelumnya, dimana pulau ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap terdiri dari lapangan volly pantai, beberapa unit gazebo, banana boat dan jetski (khusus di weekend/hari libur nasional). 

Pulau Sirandah
gazebo
Pulau Sirandah
Pulau Penyu
Pulau Sirandah
view dari Pulau Bintangor
Selain itu, masih ada keseruan lainnya yakni dengan berkunjung ke sebuah pulau kecil bernama Pulau Penyu yang terletak persis dibelakang pulau ini. Akan tetapi bukan berarti kamu dapat bebas bertemu dengan para hewan lucu itu dipulau ini, karena sebenarnya ini merupakan sebuah pulau berbatu yang pada bagian tengahnya ditumbuhi semak belukar. Hanya saja bentuk pulau ini jika diperhatikan mirip dengan bentuk hewan penyu. Bagimana untuk menuju pulau tersebut? cukup mudah, kamu hanya diharuskan berjalan melewati hutan bagian tengah Pulau Sirandah lalu berjalan kaki menyeberang pantai sekitar 200 meter, jika laut sedang pasang tak perlu khawatir kamu pun tetap bisa menyeberang hanya saja pasti akan ada ombak yang datang tapi tidak besar. Setelah puas bermain di Pulau Penyu, kamu dapat kembali ke pulau dan meneruskan lagi berkeliling. Cobalah untuk mengarah ke pantai bagian selatan pulau ini, dimana dari titik tersebut kamu dapat melihat pemandangan dari Pulau Bintangor/Pulau Bintangur.

*Tips
  • Hati-hati jika menggunakan opsi penyeberangan via Sei Pisang, karena jalannya yang belum terlalu baik dan berkelok-kelok.
  • Pastikan kendaraan mobil/motor yang akan digunakan dengan kondisi prima, kemudian sebaiknya jika menggunakan mobil jangan jenis sedan.
  • Untuk camping, persiapkan segala peralatan dan bahan logistik makanan/minuman dengan baik.
  • Perihal peralatan camping, bagi kamu yang berdomisili di luar Padang dapat menyewa disekitar pusat Kota Padang.
Sadar akan segala keindahan yang tersaji dihadapan, menjadi hal penting pengingat untuk selalu bersyukur pada Sang Khalik. Banyak ucapan ungkapan rasa syukur yang terlontar dari bibir penuh dosa ini, rasanya belumlah cukup mengingat begitu banyak karunia dan kesempatan atas waktu yang telah diberikan selama ini. Pasalnya satu-satu hal yang diberikan olehNya dan sering kali kita lupa adalah kesempatan atas waktu. Siapapun di dunia ini pasti mempunyai waktu, bahkan untuk seseorang yang tak memiliki apapun pasti mereka memiliki waktu. Seiring berjalannya sang waktu, waktu pula lah yang mengajarkan kita banyak hal. 

Sebagai tambahan wawasan juga tentang Pulau Mentawai.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pulau Sirandah Padang wisata Pulau Sirandah Island wisata di Padang terbaru. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga kiranya dari apa yang telah disampaikan dapat membantu dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel