Pulau Bira Kepulauan Seribu Wisata Pulau Bira Besar Pulau Seribu

Wisata Pulau Bira Kepulauan Seribu Jakarta atau Pulau Bira Pulau Seribu memang menjadi salah satu tempat wisata Pulau Seribu terbaik bagi para penggemar backpacker. Tak membutuhkan biaya yang terlalu besar menjadi salah satu faktor utama mengapa Pulau Bira Besar tetap diminati oleh para wisatawan muda. 

Bira Island memang memiliki perairan kehijauan yang jernih, sehingga jika kamu berdiri disekitar dermaga pulau ini dapat melihat dasar laut tanpa alat bantu sama sekali. Selain itu keistimewaan lainnya ialah di pulau ini kamu dapat menyaksikan moment sunset dan sunrise dalam satu lokasi, sudah terbayang keindahannya bukan? mengingat hal itulah maka Pulau Bira tetap menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Jakarta terfavorit.

Jika dalam kesempatan lalu saya telah mengulas beberapa wisata Pulau Seribu Resort seperti Pulau Pelangi dan Pulau Sepa, maka kali ini saya akan mengulas perihal Pulau Bira review dalam konten artikel Tempat Wisata Mania. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka ada baiknya kamu simak terlebih dahulu artikel berikut ini.

Pada siang hari ini saya akan memaparkan perihal Pulau Bira Kepulauan Seribu wisata Pulau Bira Besar Pulau Seribu. Semoga segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat berguna dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Pulau Bira
Pulau Bira Besar
Sebelum lanjut taukah kamu tentang asal usul sejarah Pulau Bira? Berawal pulau seluas 14 hektare ini merupakan sebuah pulau pribadi milik keluarga Presiden RI ke 2, yang mulai diresmikan pada tanggal 13 September 1997 oleh Umar Wirahadikusumah (Jenderal TNI Purn yang menjabat kala itu), dimana pulau cantik ini dimasa kejayaannya dulu sering menjadi lokasi berlibur keluarga presiden hampir disetiap hari libur. Untuk memberikan kenyamanan serta akomodasinya, awalnya pulau ini dibangun sebuah resort dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap mulai dari cottage, kolam renang, lapangan golf hingga hellypad pun telah tersedia.

Pulau Bira
batu piagam peresmian Pulau Bira Resort
Akan tetapi, sejak krisis moneter melanda Indonesia dan beberapa peristiwa penting lainnya terjadi, menyebabkan Presiden ke 2 ini mengundurkan diri pada 1998 yang sekaligus juga berdampak pada Pulau Bira Resort. Dimana pengelolaan pulau ini pun juga diserahkan pada salah satu anak perusahaan BUMN, namun disayangkan karena bangsa ini dihadapkan pada problematika pergesaran kekuasaan secara otomatis terdapat banyak masalah yang perlu dibenai. Sehingga membuat pihak pengelola tidak fokus dan akhirnya membuat pulau ini harus tutup di tahun 2005 lalu. 

Meskipun saat ini keadaan pulau seperti terlantar, namun tetap saja masih dapat dilihat beberapa sisa-sisa kejayaan masa lalunya berupa 20 cottage lengkap dengan sarana pendukung lainnya meliputi kolam renang, lapangan gofl 9 holl hingga hellypad yang sudah tak terawat lagi. Tetapi bukan berarti pulau ini sudah benar-benar ditinggalkan, setidaknya masih terdapat satu keluarga yang bertugas untuk menjaga pulau ini. Dimana dari semua jumlah cottage yang ada, masih tersisa 8 unit yang dapat digunakan oleh para wisatawan.

Pulau Bira
kolam renang yang sudah tak terawat
Lantas dimana lokasi Pulau Bira? terletak di kawasan wisata Kepulauan Seribu Jakarta Utara atau tepatnya berada tak jauh dari lokasi Pulau Putri, Pulau Pelangi, Pulau Sepa, Pulau Papa Theo, Pulau Harapan (Pulau Kelapa), Pulau Genteng dan Pulau Kuburan Cina. Selain itu pulau ini juga masih satu kawasan dengan Pulau Bira Kecil dan Pulau Kayu Angin Bira. Kemudian bagaimana cara penyebrangan ke Pulau Bira? untuk menyeberang, kamu dapat menggunakan opsi antara Dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke, berikut adalah penjelasannya
  • Dermaga Marina Ancol
Jika kamu ingin menggunakan mode transportasi laut yang cepat, maka kamu dapat langsung menuju lokasi Dermaga Marina Ancol (belakang Dufan Jakarta), pasalnya disini sudah tersedia speedboat yang dapat kamu gunakan. Namun umumnya penyebrangan yang dilakukan umumnya oleh para pihak travel yang banyak menyediakan pilihan paket Pulau Bira murah dengan segala fasilitasnya yang dapat disesuaikan. Akan tetapi tidak serta merta bagi kamu yang ingin backpacker tak bisa menyeberang, kamu hanya cukup membayar biaya harga tiket speedboat di Dermaga Marina Ancol ke Pulau Bira terbaru update 2017 sebagai berikut,

Weekday Rp. 220.000/orang (one way) dan Rp. 440.000 (return)
Weekend Rp. 270.000/orang (one way) dan Rp. 540.000 (return)

Jadwal keberangkatan setiap hari pada pukul 08.00 WIB
  • Pelabuhan Muara Angke
Kemudian bagi kamu yang ingin wisata backpacker ke Pulau Bira dapat melakukan penyebrangan melalui Pelabuhan Muara Angke. Dimana sudah tersedia kapal ferry tradisional dengan kapasitas hingga 200 orang siap mengantarkan kamu. Akan tetapi dewasa ini banyak juga pengusaha travel yang melakukan penyebrangan melalui pelabuhan ini, tak lain bertujuan agar lebih menekan buged agar lebih murah. Sebenarnya untuk dari Muara Angke, kamu tak bisa langsung menuju Bira, kamu diharuskan terlebih dahulu tiba di Pulau Pramuka atau Pulau Harapan, lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal kecil/kapal nelayan. Perihal biaya harga tiket Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Harapan terbaru update 2017 sekitar Rp. 55.000/orang, jadwal keberangkatan kapal setiap hari pada pukul 08.00 WIB dengan lama perjalanan sekitar 3 jam (tergantung sikon laut).

Jika kamu memilih untuk transit di Pulau Pramuka, kamu dapat langsung mencari kapal nelayan disekitar dermaga pulau untuk dapat mengantarkan kamu menuju Bira. Biasanya mereka akan menawarkan jasanya dengan biaya berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp. 400.000/unit (return). Kemudian lain halnya jika kamu memilih transit di Pulau Harapan, kamu sudah tak perlu repot untuk mencari kapal, dimana kamu dapat menggunakan jasa seorang teman warga pulau bernama "Bang Olid-081932851673". Dimana Bang Olid siap mengantarkan kamu menuju Bira dengan biaya sekitar Rp. 350.000/unit (return).

Pulau Bira
suasana di depan cottage
Pulau Bira
cottage Pulau Bira
Seperti dalam penjelasan diatas jikalau Bira merupakan sebuah pulau resort yang sudah tak digunakan lagi, namun bagi kamu yang ingin bermalam masih bisa menggunakan 8 cottage yang masih layak. Disini terdapat pilihan bagi kamu yang ingin berwisata, mengingat harga satu unit cottage penginapan di Pulau Bira ialah sekitar Rp. 1.000.000/malam (Room Only). Kemudian biasanya jika kamu ingin menggunakan jasa travel wisata, mereka akan memberikan biaya  berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 750.000/orang (min 10 orang), harga tersebut biasanya sudah all in (include cottage, kapal ferry (PP), kapal nelayan, 3x makan, snorkeling). Akan tetapi bagi kamu yang ingin wisata ke Pulau Bira backpacker murah, kamu dapat mengikuti tips ini.
  1. Kamu dapat menghubungi Bang Olid terlebih dahulu sebelum keberangkatan, kemudian mintalah ia agar menawarkan harga cottage di Pulau Bira. Biasanya Bang Olid bisa memberikan harga termurah yakni hanya sekitar Rp. 800.000/malam (Room Only).
  2. Dikarenakan kamu hanya akan mendapatkan fasilitas penginapan saja, maka secara otomatis belum termasuk makan. Untuk makan, kamu hanya cukup negosiasi kembali dengan Bang Olid, biasanya ia menawarkan harga untuk 3x makan yakni berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000. 
  3. Jika kamu ingin snorkeling, sebelumnya kamu hanya cukup sewa alat snorkeling di Pulau Harapan dengan biaya sekitar Rp. 35.000/pax (snorkle, life jacket, fin) untuk satu hari. Dengan semua rincian harga ke Pulau Bira tersebut, jelas lebih murah bukan?
Lantas keseruan apa saja yang dapat dilakukan di pulau cantik ini? sebenarnya banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan seperti halnya memancing, berkeliling pulau, snorkeling, hunting sunset dan sunrise. Untuk keliling pulau, mengingat keadaan pulau ini sudah lama terbengkalai maka demi faktor keamanan, kamu dapat meminta pada penjaga pulau untuk menemani kamu. Kemudian untuk snorkeling, kamu dapat snorkeling disekitar dermaga pulau dan jika ingin sekalian mengunjungi beberapa spot snorkeling lainnya, kamu dapat request berkunjung kebeberapa spot di Pulau Panjang, Pulau Gosong, Pulau Macan Gundul, Pulau Tongkeng, Pulau Matahari atau bisa juga Pulau Air

Pulau Bira
suasara di Dermaga Pulau Bira
Pulau Bira
sunset di Pulau Bira
Pulau Bira
sunrise di Pulau Bira
Untuk hunting sunset dan sunrise, kamu tak perlu repot berjalan jauh. Dimana kamu hanya cukup berjalan ke dermaga pulau saja menjelang kedua moment tersebut. Sebagai tambahan informasi, Dermaga Bira berupa jembatan kayu dengan lebah kurang dari 2 meter yang membentang cukup jauh ke laut. Memiliki perairan jernih disekitarnya sehingga kamu dapat juga melihat dasar laut tanpa alat bantu apapun, oleh sebab itu lokasi ini menjadi spot snorkeling di Pulau Bira. Selain itu saat berada di dermaga, kamu juga akan dapat melihat Bira Kecil dan Pulau Kayu Angin Bira yang begitu indah. Sungguh seru bukan wisata di Pulau Seribu kali ini?

*Tips
  • Usahakan tiba min 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal.
  • Bawalah obat-obatan dan lotion anti nyamuk, mengingat lokasinya yang sudah lama tak ditelantarkan.
  • Mintalah agar ditemai oleh penjaga pulau jika ingin berkeliling pulau.
  • Hematlah untuk penggunakan alat elektronik atau smartphone, mengingat listrik hanya ada dimalam hari saja.
Cobalah untuk lihat keindahan yang tersaji pada moment sunrise di pulau ini, tentu setelah itu kita akan lebih bersyukur pada Sang Pencipta. Pasalnya Ia telah memberikan kita ribuan nikmat yang tak terkira sepanjang hari hingga mata mulai terpejam. Karena sesungguhnya tidur kita adalah ibadah, yang melatih kita mengembalikan kehidupan kepada Tuhan setiap malam. Kemudian di setiap pagi ketika bangun, sebenarnya kita selalu mempunyai pilihan untuk hari ini, kita mau menjalani hari ini dengan suasana hatii yang baik atau buruk. Karena pagi adalah awal untuk memulai sesuatu yang disebut Kehidupan.

Sebagai tambahan juga tentang Tebing Batu Kapur Terindah di Indonesia.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pulau Bira Kepulauan Seribu wisata Pulau Bira Besar Pulau Seribu. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasinya dapat menjadi sumber referensi tambahan bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel