Pulau Pari Backpacker Wisata Pulau Pari Pulau Seribu Jakarta

Wisata Pulau Pari backpacker di kawasan wisata Pulau Seribu Jakarta atau Kepulauan Seribu, memang kian hari kian ramai dikunjungi banyak wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya. Menawarkan panorama alam pantai indah yang belum banyak tersentuh tangan manusia, menjadi alasan mengapa banyak orang ingin liburan ke Pulau Pari Jakarta. 

Pari Island memiliki segudang potensi wisata yang mengagumkan dan diprediksi dapat menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta terbaik, bilamana dikelola secara serius. Mengacu pada jumlah wisatawan yang datang selama kurun waktu satu tahun dapat mencapai hingga 200.000 orang. Besarnya animo masyarakat tersebut haruslah dapat dimanfaatkan agar dapat menambah geliat perekonomian warga Pulau Pari khususnya sekaligus menjadi salah satu sumber pemasukan bagi DKI Jakarta. 

Pari merupakan sebuah pulau berpenghuni seluas 42.3 hektare yang tercatat secara administratif masuk dalam salah satu kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Terkait sektor wisata Pulau Pari memang boleh dikatakan pulau ini tak sepopuler dengan beberapa pulau lainnya seperti Pulau Tidung atau Pulau Harapan. Namun jika kita bicara tentang keindahan alam serta perairan lautnya, untuk Pari tak boleh dipandang sebelah mata. Mengacu akan hal tersebut, maka dalam artikel Tempat Wisata Mania kali ini akan mengulas secara detail tentang segala potensi pulau cantik ini.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Pulau Pari backpacker wisata Pulau Pari Pulau Seribu Jakarta. Semoga segala informasi terbaru yang akan disampaikan dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Pulau Pari
Pulau Pari
Sebelum lanjut, taukah kamu tentang lokasi Pulau Pari dimana? terletak ditengah gugusan pulau yang berjajar mulai dari selatan hingga ke sebelah utara perairan Jakarta atau tepatnya berdekatan dengan Pulau Rambut, Pulau Lancang, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Harapan. Letaknya yang strategis inilah yang membuat para wisatawan bisa sekaligus berkunjung ke beberapa pulau dalam satu hari (hopping island), biasanya kesempatan tersebut bertepatan dengan kegiatan snorkeling.

Seperti yang kita ketahui, dewasa ini Pari menjadi salah satu pulau di kawasan Pulau Seribu terfavorit bagi banyak wisatawan, hal tersebut memberi inspirasi bagi banyak pengusaha travel yang memberikan beragam pilihan paket Pulau Pari murah dengan beragam fasilitasnya. Namun bagi kamu yang ingin wisata backpacker ke Pulau Pari tak perlu khawatir, dimana kamu dapat langsung menuju pelabuhan untuk menyeberang ke pulau cantik ini.

Pulau Pari
suasana pagi di perkampungan Pulau Pari 
Lantas bagaimana cara penyebrangan ke Pulau Pari Island? sama seperti jika kamu ingin berkunjung ke pulau-pulau lainnya, dimana kamu dapat menyeberang dari Dermaga Marina Ancol dan Pelabuhan Muara Angke dengan rincian biaya ke Pulau Pari, seperti dalam penjelasan berikut ini.

1. Dermaga Marina Ancol

Bagi kamu yang kurang senang berlama-lama menempuh perjalanan laut (mabuk laut), kamu dapat menggunakan opsi ini sebagai solusinya. Pasalnya di Dermaga Marina Ancol sudah terdapat jajaran speedboat reguler yang siap melayani. Dikarenakan sudah dilengkapi mesin bermotor hingga 4 buah, maka secara otomatis perjalanan laut akan lebih singkat, jika tujuannya adalah Pari maka lama perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 45 hingga 60 menit saja (tergantung sikon laut). Selain waktu, perihal fasilitas yang diberikan pun menjadi faktor pembanding, umumnya pada setiap speedboat sudah dilengkapi dengan fasilitas kursi yang nyaman, AC, Toilet bersih, TV hingga life jacket (pelampung). Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa langsung datang ke Dermaga Marina Ancol no. 17 atau tepatnya dibelakang Dunia Fantasi Ancol Jakarta. Perihal biaya harga tiket Speedboat Dermaga Marina Ancol ke Pulau Pari terbaru update 2017 yakni

Weekdays Senin-Kamis
Rp. 135.000/orang

Weekend Jumat-Minggu
Rp. 160.000/orang

Dengan jadwal keberangkatan setiap hari pukul 08.00 WIB


2. Pelabuhan Muara Angke

Opsi ini merupakan alternatif penyebrangan ke Pulau Seribu yang paling digemari oleh banyak lapisan masyarakat, mengapa begitu? pasalnya di Pelabuhan ini banyak bersandar Kapal Ferry Tradisional yang digunakan untuk menyeberang kebeberapa pulau. Karena menjadi transportasi public, maka secara otomatis biaya yang ditetapkan pun terjangkau, dimana untuk biaya harga tiket kapal dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari terbaru update 2017 sekitar Rp. 45.000/orang dengan jadwal keberangkatan setiap hari pukul 07.00 WIB dan durasi lama perjalanan sekitar 2 hingga 2.5 Jam (lebih cepat 30 menit dari Pulau Tidung).

Sebelum lanjut, tambahan informasi juga tentang Pulau Opak.

Kemudian hal apa saja yang ditawarkan oleh pulau cantik ini? sebenarnya di pulau ini menawarkan 5 buah lokasi menarik yang wajib dikunjungi kamu yang ingin trip Pulau Pari, dimana semua lokasi ini dikelola secara swadaya oleh warga. Dari setiap lokasi nantinya kamu akan dikenakan biaya retribusi yang akan dikumpulkan, kemudian akan di alokasikan untuk pengembangan serta perawatan insfakstuktur, fasilitas, kebersihan serta pembiayaan kegiatan sosial para warga tersebut. Berikut adalah uraiannya,
  • Pantai Pasir Perawan
Pulau Pari
suasana di Pantai Pasir Perawan
Pantai Pasir Perawan atau Pantai Perawan merupakan sebuah lokasi wisata di Pulau Pari terbaru yang dikelola oleh para warga, dimana sebelumnya lokasi ini adalah sebuah hutan yang kemudian dibabat agar memiliki ruang terbuka untuk pantai. Memiliki pasir pantai yang putih bersih membuat pantai ini terlihat cantik dan kini menjadi pantai terfavorit bagi banyak wisatawan, meskipun memang tak sepanjang garis pantai pada Pantai Kresek. Selain itu, panorama alam pantainya pun sangat indah dengan view dua buah pulau yang tepat berada dihadapannya, sungguh cantik bukan? Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Pasir Perawan nantinya kamu akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000/orang, dimana biaya tersebt nantinya akan digunakan untuk kebersihan, listrik, membangun sarana dan fasilitas, membangun musholah dan menyantuni anak yatim di pulau ini.

  • Pantai Kresek
Pantai Kresek atau Pantai Pasir Kresek merupakan sebuah lokasi pantai yang memiliki hamparan pasir pantai kecoklatan, serta pepohonan rindang membuat suasana nyaman kala berada dipantai ini, maka tak heran jikalau lokasinya sering dijadikan lokasi pesta BBQ oleh para wisatawan dimalam hari. Kemudian keseruan apa saja yang bisa kamu dapatkan di Pantai Kresek? Atraksi wisata yang ada di pantai ini adalah penangkaran biota laut, namun bukan layaknya sebuah penangkaran yang dikelola secara serius oleh pihak peneliti atau Pemerintahan, melainkan hanya kolam-kolam keramba yang dibuat oleh para warga yang peduli akan kelangsungan para biota ini. Hewan apa saja ang ada di kolam tersebut? terdapat beberapa spesies dari bintang laut, penyu serta sang ikon yakni ikan pari.

Pulau Pari
bintang laut di penangkaran Pantai Kresek
Untuk dapat masuk ke Pantai Kresek, kamu nantinya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 2.000/orang. Hal tersebut dilakukan guna retribusi sampah, dimana hampir disetiap paginya selalu saja ada warga yang menyapu/membersihkan area pantai, maka tak heran bilamana area Pantai Kresek selalu terbebas dari sampah. Untuk fasilitas, tak perlu khawatir dimana sudah tersedia warung makan yang juga menyediakan beer dengan biaya sekitar Rp. 75.000/botol ukuran besar.

  • Pantai LIPI
Pulau Pari
pintu masuk Pantai LIPI
Lokasi Pantai LIPI terletak disebelah barat pulau atau tepatnya tak jauh dari lokasi Pantai Kresek. Mungkin banyak dari kamu yang belum tau LIPI, merupakan kepanjangan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dimana sudah sejak lama pulau ini ditetapkan sebagai salah satu pusat penelitian Oceanografi Indonesia yang notabene bertugas untuk pemeliharaan dan penelitian tentang aneka biota dan tanaman laut. Selain memiliki pasir pantai yang halus dan air laut kehijauan yang masih terjaga, letak Pantai LIPI yang berada disebelah barat maka membuat lokasinya sangat strategis bagi kamu yang ingin melihat panorama sunset di Pulau Pari terindah. Dimana untuk masuk ke Pantai LIPI, kamu nantinya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 2.000/orang saja.

  • Pantai Bintang
Pulau Pari
suasana di Pantai Bintang
Pantai Bintang menawarkan lokasi pantai yang nyaman sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari tempat untuk bersantai. Hal tersebut bukan hanya karena kebersihan diseluruh area pantainya, namun kawasan ini terbingan cukup rindang dengan pepohonan pinus. Kemudian demi memberikan kenyamanan pada para wisatawan, telah tersedia pula beberapa bale-bale, bangku serta hammock yang dapat digunakan oleh para wisatawan secara gratis. Sungguh mengasikkan bukan? Lokasi Pantai Bintang terletak sekitar 400 meter ke arah barat dari lokasi Dermaga Bukit Matahari atau tepatnya berada diantara Pantai Kresek dan Pantai LIPI, bagi kamu yang ingin berkunjung dapat belok kiri sebelum pintu masuk LIPI.

  • Dermaga Bukit Matahari
Pulau Pari
suasana siang hari di Bukit Bintang
Dermaga Bukit Matahari sepintas tentu banyak dari kamu yang sedikit bingung dengan nama tempat ini bukan? ya, seperti sebuah dermaga pada umumnya dimana tempat ini menjadi lokasi alternatif untuk bersandarnya kapal-kapal nelayan, hanya saja dilokasi inilah kamu dapat melihat moment sunrise/matahari terbit terbaik. Oleh sebab itulah pada saat menjelang fajar, maka akan banyak para wisatawan yang duduk dengan setia menunggu keluarnya sang surya. Sungguh indah bukan? Akan tetapi sebenarnya bukan hanya terkenal dengan keindahan sunrisenya saja, pemandangan bulan dimalam hari pun akan lebih jelas jika kamu memandangnya dari tempat ini. Kemudian dimana lokasi Bukit Matahari? sebenarnya cukup mudah menemukan lokasinya, dimana kamu hanya cukup berjalan kearah timur sedikit saja dari lokasi Dermaga Utama.

Tambahan juga tentang Pulau Sepa.

Lantas keseruan apa saja yang dapat kita lakukan di pulau ini? banyak hal seru yang dapat kamu lakukan yakni dengan bersepeda keliling pulau, dimana untuk harga sewa sepeda hanyalah sekitar Rp. 10.000/unit (24 jam). Kemudian bermain beberapa wahana permainan air seperti banana boat dengan biaya sekitar Rp. 35.000/orang, serta bersnorkeling ria dengan hanya menyewa alat snorkeling sekitar Rp. 30.000/pax (snorkle, pelampung dan fin) lalu menyewa kapal sekitar Rp. 300.000/unit (include hopping island kebeberapa pulau sekitar). Masih ada lagi kegiatan seru yang dapat mengisi waktu liburan kamu yakni dengan mengikuti program wisata edukasi penanaman Mangrove yang terletak tak jauh dari lokasi Pantai Pasir Perawan, selain itu kamu juga dapat mengelilingi kawasan hutan mangrove ini dengan menggunakan sebuah perahu kecil.

Sebagai tambahan informasi, jikalau kini Pulau Pari mengalami sebuah konflik terkait perebutan hak kepemilikan tanah pulau ini. Polemik yang terjadi antara para warga dan PT. Bumi Pari Asri (BPA) yang berbuntut dengan terbakarnya sebuah kapal milik perusahaan tersebut di dermaga pada (28/07/2017). Pihak warga protes dan mulai mengajukan pelaporan pada pihak Kepolisian tentang upaya privatisasi pulau ini oleh pihak perusahaan tersebut. Konflik ini berawal dari PT. Bumi Pari Asri yang secara sepihak dan tiba-tiba mengklaim memiliki 90% dari total luas keseluruhan. Pihak warga yang sudah selama ini mengelola pulau sekaligus beberapa pantai seperti diatas, mengaku geram atas kejadian tersebut. Ya, sebagai masyarakat awaw memang saya tak bisa memutuskan siapa yang salah dan siapa yang benar, karena itu bukan kuasa saya selaku kontrol sosial saja. Namun besar harapan saya serta masyarakat DKI Jakarta umumnya agar polemik ini dapat diselesaikan tanpa menimbulkan masalah yang berkelanjutan. 

Perihal penginapan di Pulau Pari bagi kamu yang ingin bermalam, tak perlu khawatir mengingat sudah banyak tersedia berbagai pilihan villa/homestay Pulau Pari yang dapat kamu gunakan. Dimana umumnya harga menginap permalamnya berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp. 700.000/malam tergantung dengan bentuk fisik bangunan serta fasilitas yang ditawarkan. Namun bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor dan rasanya ingin mencoba pengalaman liburan yang berbeda, kamu dapat mencoba camping, dimana sudah tersedia area camping ground yang terletak tak jauh dari lokasi hutan mangrove. Kemudian untuk waktu terbaik berkunjung ialah sekitar bulan Maret hingga Oktober, mengingat pada kurun waktu tersebut bertepatan dengan musim panas. 

*Tips
  • Bawalah masker jika kamu menggunakan opsi penyebrangan dari Pelabuhan Muara Angke, mengingat bau tak sedap disepanjang jalan menuju pelabuhan.
  • Bawalah obat anti mabuk bagi kamu yang merasa mabuk laut.
  • Mengingat keterbatasan jumlah homestay, sebaiknya lakukan reservasi/booking terlebih dahulu atau bisa juga dengan datang pada weekdays dan tidak pada musim high season.
Berlibur berkunjung ke pulau cantik ini, menjadi sebuah bukti jikalau tak harus pergi jauh dan menghabiskan banyak biaya bilamana hanya ingin merasakan liburan yang seru. Keseruan merupakan sebuah hal simple yang kita dapat ciptakan sendiri dan bukan karena lokasi atau hal-hal lainnya. 

Sebagai tambahan wawasan juga tentang Wisata Pangandaran Terbaik.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pulau Pari Backpacker wisata Pulau Pari Pulau Seribu Jakarta. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat menambah wawasan bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel