Kenpark Surabaya Wisata Kenjeran Park Wisata Surabaya Terfavorit

Wisata Kenpark Surabaya atau Kenjeran Park Surabaya memang sudah lama menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya terbaik. Mengapa begitu? Pasalnya Kenpark sendiri seakan menjadi salah satu identitas ikonik bagi masyarakat Surabaya khususnya. Dimana Kenpark dapat mengakomodisir berbagai kegiatan masyarakat, maka tak heran tempat ini begitu erat hubungannya dengan masyarakat Surabaya.

Sebelumnya, apakah kamu tau tentang tempat ini? Kenjeran Surabaya merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang luas teridir dari beberapa tempat wisata meliputi kolem renang waterpark, arena berkuda, kolam pemancingan, sirkuit balap gokart hingga sebuah wihara/klenteng yang sering digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Buddha. Cukup lengkap bukan? maka tak heran jikalau Kenpark Kenjeran Baru telah lama menjadi salah satu objek wisata di Surabaya terkenal yang lengkap akan fasilitas memadai.

Jika pada beberapa kesempatan lalu saya telah mengulas perihal BJBR Probolinggo dan Wisata Malang Terbaik, maka dalam konten artikel Tempat Wisata Mania kali ini akan mereview tentang wisata di Kenpark Surabaya. Keseruan apa saja yang terdapat dikompleks wisata ini? kamu dapat simak dalam uraian berikut ini.

Pada siang hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Kenpark Surabaya wisata Kenjeran Park wisata Surabaya terfavorit. Semoga segala informasi yang nantinya akan disampaikan dapat berguna dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Kenpark
pintu masuk utama Kenpark
Sebelum lanjut, apakah kamu ingat akan sebuah iklan televisi dari sebuah provider seluler dan Google Indonesia (episode Google App Talk Surabaya)? ya, semenjak kemunculannya dalam kedua iklan tersebut, kawasan wisata Kenpark Surabaya kian dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Terbukti ramainya kawasan ini terlebih kala waktu liburan tiba, seakan menjadi angin segar bagi pariwsata Surabaya. Umumnya para wisatawan yang datang memang secara sengaja ingin berswafoto atau berselfie ria lalu menguplod foto-foto indah di media sosial.

Lantas dimana lokasi Kenpark Surabaya? Kenjeran Park terletak di Jl. Kenjeran atau tepatnya hanya berjarak sekitar 1 Km saja dari lokasi Pantai Kenjeran Lama dan dekat dari Jembatan Suramadu atau bisa juga dari arah Istitute Teknologi Sepuluh November (Pakuwon City). Dikarenakan masih satu garis dengan pantai di Surabaya ini, maka banyak pula yang menyebutnya dengan Pantai Kenjeran Baru ataupun Pantai Ria Kenjeran

Bagi kamu yang ingin berkunjung, dari domisili asal kamu haruslah tiba terlebih dahulu di Surabaya sebagai titik awal start perjalanan. Kemudian kamu dapat menggunakan mode transportasi umum/angkot dan mengikuti petunjuk rute jalan ke Kenpark berikut ini,

Bandara Juanda
  • Setibanya kamu di Bandara Juanda, kamu dapat langsung naik bis Damri dengan jurusan Terminal Purabaya Bungurasih. 
  • Kemudian di Terminal Bungurasih, kamu dapat langsung mencari bis dengan jurusan Joyoboyo dan turun di Terminal Joyoboyo.
  • Setelah itu terminal tersebut, kamu dapat memilih ingin menggunakan angkot Lyn P Joyoboyo-Kenjeran, angkot Lyn S Joyoboyo-Bratang-Kenjeran, angkot Lyn T2 Joyoboyo-Mulyosari-Kenjeran. Setelah memilih angkot, kamu nantinya akan turun di Terminal Kenjeran dan lanjut dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Kenjeran Park.
Stasiun Pasar Turi
  • Setibanya kamu di Stasiun Pasar Turi, kamu dapat langsung naik angkot Lyn C Demak-Karang Menjangan dan nantinya turun di Karang Menjangan. 
  • Kemudian dilannjutkan dengan naik angkot Lyn O Jembatan Merah-Keputih dan nantinya akan turun di Keputih.
  • Setelah itu lanjut lagi dengan angkot Lyn S Joyoboyo-Bratang-Kenjeran dan turun di Terminal Kenjeran. Lalu lanjut dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Kenjeran Park.
Stasiun Gubeng
  • Opsi ini merupakan pilihan yang paling mudah, sehingga banyak digunakan bagi mereka yang ingin wisata backacker ke Surabaya.
  • Setibanya kamu di Stasiun Gubeng, kamu dapat langsung naik angkot Lyn T2 Joyoboyo-Mulyosari-Kenjeran dan turun di Terminal Kenjeran. Lalu lanjut dengan berjalan kaki sekitar 500 meter menuju lokasi Kenjeran Park.
Lantas berapa harga tiket masuknya? untuk biaya tiket Kenpark Surabaya terbaru update 2017 ialah sebagai berikut,

Tiket masuk Kenjeran Park Baru  Rp. 5.000/orang
Parkir kendaraan motor  Rp. 8.000/unit dan mobil  Rp. 10.000/unit
Tiket masuk Kenjeran Waterpark  Rp. 20.000/orang (weekday) dan Rp. 25.000/orang (weekend)

Kemudian keseruan apa saja yang dapat kamu lakukan? dengan berbagai kegiatan seru bisa kamu dapatkan terlebih Kenpark memiliki desain ornamen khas Chinna. Berbagai bentuk arsitektur unik dan pernak-pernik ala negeri tirai bambu inilah yang menjadi magnet yang dapat menarik minat para wisaawan untuk berkunjung secara langsung. 

Tambahan wawasan juga Kawah Wurung Bondowoso.

Selain menjadi menjadi wisata bagi masyarakat luas, ternyata ditempat ini juga terdapat sebuah wihara/klenteng bernama "Klenteng Sanggar Agung" yang dapat dijadikan sebagai wisata religi. Uniknya klenteng ini memiliki desain khas klenteng yang ada di Beijing, Tiongkok. Semerbak bau dupa disudut-sudut bangunan yang tercium seakan membius diri ini dan tak sadar jikalau sedang berada di Surabaya. Bila kamu datang tertepatan dengan hari besar umat Buddha, maka Klenteng Sanggar Angung akan padat dikunjungi para umat untuk beribadah. Pasalnya memang area Kenpark menjadi sentral untuk beribadah bagi para warga, bahkan tak jarang banyak pula yang rela datang dari luar kota Surabaya.

Kenpark
Klenteng Sanggar Agung
Setelah itu, kamu dapat juga datang berkunjung ke sebuah pagoda bernama "Pagoda Tian Ti", dimana secara fisik pagoda ini memang di disain sedemikian rupa agar menyerupai layaknya Temple of Heaven di Chinna. Meskipun Pagoda Tian Ti tak begitu tingga, hanya terdiri dari 3 lantai saja dan sedikit disayangkan mengingat keadaan bagian dalamnya yang kurang terurus. Meskipun begitu adanya didalam kompleks Klenteng Sanggar Agung ini juga terdapat beberapa tempat menarik lainnya seperti Patung Naga, Patung Budha Empat Wajah, Patung Ganesha dan masih banyak lagi.

Kenpark
Pagoda Tian Ti

Kenpark
Patung Budha Empat Wajah
Untuk Patung Buddha Empat Wajah terletak tak jauh dari lokasi area parkir kendaraan atau tepatnya didepan bangunan klenteng utama, dimana dari kejauhan sudah nampak jelas sebuah patung setinggi 20 meter dengan bentuk Buddha yang memiliki 4 wajah. Warna emas dari kubah dan patung tersebut kian menarik perhatian untuk dapat mendekat dan berfoto ria, sungguh indah ya?

Tak hanya itu saja, masih terdapat beberapa tempat ikonik kawasan ini seperti Jembatan Kenjeran dan sebuah patung dua buah naga yang terdapat sebuah patung Dewi Kwan Im tepat diatasnya lengkap dengan 4 dewa pengawal dan 2 dewi pendamping. Lokasi patung ini terletak dibelakang bangunan klenteng utama yang notabene berada dipesisir pantai. Berfoto merupakan hal wajib yang dapat kamu lakukan mengingat ini merupakan salah satu ikon dari Pantai Kenjeran Surabaya, maka tak heran jikalau patung naga inilah yang ada dalam kedua iklan yang tadi disinggung pada awal artikel ini. Dimana waktu terbaik untuk mendapatkan hasil foto terbaik ialah pada saat matahari terbit, dimana cahayanya begitu indah menerangi alam sekitar tak heran jikalau lokasi ini menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Surabaya.

Kenpark
Patung Dewi Kwan Im
Kenpark
Jembatan Kenjeran dengan latar belakang Suramadu
Lelah dan lapar setelah berkeliling di Kenpark Surabaya, tak perlu khawatir, dimana sudah disediakan fasilitas food court yang menyajikan aneka sajian kuliner khas chinna dan juga nusantara. Kemudian hingga malam hari tiba, kelap-kelip lampu menerangi dan menghiasi kawasan wisata ini. Tak salah jikalau tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur terbaik. 

*Tips
  • Gunakan panduan applikasi maps pada smartphone guna tambahan acuan rute jalan jika kamu menggunakan kendaraan pribadi.
  • Hati-hati pada tindak percaloan dan penipuan tiket bis disekitar Terminal Parubaya Bungurasih.
  • Jika kamu bingung, sebaiknya bertanya pada petugas berseragam yang ada disekitar terminal saja.
Berlibur dan berkunjung ketempat ini, membuat diri ini kian mengerti akan arti kehidupan. Kehidupan selalu membutuhkan tuntunan dari Agama dalam menjalaninya agar seibang. Tak peduli beda Agama yang diyakini dan dipercayai, pasalnya hakekat dari setiap Agama merupakan sebuah nilai abstrak yang hanya dapat dirasakan oleh setiap individu yang mempercayainya. Agama merupakan jembatan penghubung antara manusia dengan Sang Khalik. Tak ada Agama yang paling benar ataupun paling keliru, yang ada hanyalah manusia Bodoh yang selalu ribut mempertahankan persepsinya yang salah.

Sebagai tambahan informasi juga tentang Sejarah Wae Rebo.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Kenpark Surabaya wisata Kenjeran Park wisata Surabaya terfavorit. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat menjadi sumber inspirasi bagi kamu atau para pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel