Pulau Semak Daun Pulau Seribu Backpacker Ke Pulau Semak Daun

Wisata Pulau Semak Daun Pulau Seribu dengan backpacker ke Pulau Semak Daun Kepulauan Seribu, memang terbilang sudah cukup populer menjadi tempat camping di Pulau Seribu bagi mereka yang gemar akan kegiatan outdoor. Keseruan camping di Pulau Semak Daun sudah terkenal sebagai wisata Pulau Seribu yang paling bagus, cocok bagi kamu yang ingin wisata backpacker ke Pulau Seribu Jakarta.

Semak Daun Island memiliki luas keseluruhan sekitar 8 hektare dengan suasananya yang cukup rimbun, selain itu untuk Pantai Semak Daun pun memiliki hamparan pasir putih sepanjang garisnya dan jernih perairannya yang berwarna kehijauan. Mengingat tingginya animo wisatawan yang ingin liburan ke Pulau Seribu ini, maka dewasa ini telah banyak hadir pengusaha travel yang memberikan pilihan paket Pulau Semak Daun. Akan tetapi sebenarnya jika kamu tau tipsnya, kamu dapat wisata backpacker sehingga dapat menekan biaya ke Pulau Semak Daun agar lebih murah.

Seperti dalam beberapa kesempatan lalu saya telah mengulas tentang Pulau Perak dan Pulau Bulat, maka kali ini saya akan memberikan informasi terkait Pulau Semak Daun review sebagai tambahan referensi bagi kamu yang ingin Camping Di Pulau Seribu. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka sebaiknya kamu tau dulu info selengkapnya dalam konten artikel Tempat Wisata Mania beriku ini.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal Pulau Semak Daun Pulau Seribu backpacker ke Pulau Semak Daun. Semoga segala informasi yang nanti akan disampaikan dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca budiman sekalian.

Pulau Semak Daun
Pulau Semak Daun
Sebelum lanjut, apakah kamu tau tentang pulau cantik ini? Pulau Semak Daun notabene merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang difungsikan oleh Pemerintah DKI Jakarta sebagai kawasan konservasi mangrove. Lantas taukah kamu lokasi Pulau Semak Daun dimana? termasuk dalam kawasan Kepulauan Seribu Selatan (kawasan pulau yang dekat), serta tercatat secara administratif dalam Kelurahan Pulau Panggang atau tepatnya dekat dengan Pulau Tidung dan Pulau Pramuka.
Pulau Semak Daun
view dari Pulau Semak Daun
Kemudian bagaimana cara penyebrangan ke Pulau Semak Daun? sebenarnya tak ada rute kapal yang langsung menuju lokasinya, sehingga kamu diharuskan transit lebih dulu di Pulau Pramuka. Berikut adalah biaya harga tiket kapal ferry di Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Semak Daun terbaru update 2017,

Weekday/Weekend  Rp. 45.000/orang (one way) dan Rp. 90.000/orang (return)

Jadwal keberangkatan setiap hari pada pukul 07.30 WIB
Estimasi perjalanan sekitar 3 jam (tergantung sikon laut)

Namun dalam seperjalanan nantinya kapal akan transit lebih dulu untuk menurunkan penumpang di Pulau Pari sebelum lanjut lagi menuju Pramuka. Kemudian setibanya di Pramuka kamu dapat beristirahat sejenak seraya menikmati segala yang tersaji di pulau tersebut, seperti contohnya dengan berkunjung ke penangkaran penyu dengan biaya tiket sekitar Rp. 5.000/orang.

Setelah itu kamu dapat langsung mencari kapal ojek/kapal nelayan kecil yang banyak terdapat di dermaga untuk melanjutkan menuju lokasi Semak Daun. Biasanya para pemilik kapal akan menawarkan jasa dengan biaya berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000/kapal kapasitas max 6 orang. Akan tetapi jika kamu datang dalam jumlah rombongan dapat menyewa kapal yang lebih besar dengan biaya berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 800.000/kapal kapasitas max 15 orang. Untuk harga tersebut biasanya juga sudah include paket snorkeling.

Pulau Semak Daun
dermaga di Pulau Semak Daun
Setibanya di Pulau Semak Daun nantinya kamu akan dikenakan biaya retribusi sebagai perijinan mendirikan tenda sebesar Rp. 35.000/orang. Tetapi jika kamu hanya ingin one day trip saja tanpa menginap, kamu tak akan dikenakan biaya. Dikarenakan pulau ini tak berpenghuni, maka jangan harapkan adanya fasilitas villa/homestay, tapi sebagai gantinya kamu dapat bebas menentukan lokasi camping. Meskipun begitu, bukan berarti pulau ini tak memiliki penghuni sama sekali, dimana terpadat sebuah keluarga yang bertugas untuk menjaga pulau ini. Sebagai tambahan fasilitas, penjaga tersebut mendirikan sebuah warung dan toilet sederhana dengan air payau yang dapat kamu gunakan. Tapi jika kamu ingin menggunakan air tawar dapat membelinya dengan harga sekitar Rp. 20.000/galon.

Pulau Semak Daun
camping di Pulau Semak Daun
Pulau Semak Daun
sunset di Pulau Semak Daun
Pulau Semak Daun
berangkat snorkeling di Pulau Air
Lantas keseruan apa saja yang terdapat dipulau ini? banyak hal menarik yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu wisata ke Pulau Seribu kali ini seperti berkeliling pulau, snorkeling hingga memancing. Kemudian jika kamu ingin membuat api unggun, sudah disediakan kayu bakar agar lebih memudahkan kamu, dimana harga kayu bakar sekitar Rp. 20.000/ikat. Untuk snorkeling, kamu dapat berenang disekitar pulau tanpa harus jauh ketengah laut, tapi jika kamu menyewa kapal ojek seperti diatas, nantinya kamu akan diantarkan menuju lokasi spot snorkeling Pulau Seribu terdekat seperti disekitar Pulau Air dan Pulau Kerang Beras yang pastinya kian menambah keceriaan camping Pulau Semak Daun kali ini. Dalam seperjalanan pulang kembali menuju Pulau Pramuka, kamu pun dapat juga berkunjung sejenak ke penangkaran ikan hiu. Sungguh seru bukan?

*Tips
  • Usahakan datang max 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal.
  • Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan beberapa pilihan kapal yang bisa menuju Pramuka.
  • Dikarenakan camping, maka kamu diharuskan persiapakan peralatan yang akan dibutuhkan dengan sebaik mungkin.
  • Persiapkan pula dengan baik logistik makanan/minuman.
  • Untuk air minum, kamu dapat membeli air mineral galon di Pramuka dengan biaya sekitar Rp. 30.000/galon.
  • Makanan bisa dibeli diwarung kecuali nasi.
Menikmati alam bebas di pulau cantik ini, membuat diri ini bersyukur dengan segala karunia dari Sang Pencipta. Kemudian ingatlah bahwasanya Berjalanlah kemana hati akan membawa setiap langkah kita. Kemudian percayalah jikalau Kita bisa menciptakan dunia yang kita inginkan, semua hanya tergantung pada seberapa berani diri kita untuk melakukannya.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pulau Semak Daun Pulau Seribu backpacker ke Pulau Semak Daun. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasi yang telah disampaikan sepenuhnya dapat menjadi sumber inspirasi tambahan bagi kamu atau pembaca budiman dimana pun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel