Pulau Oar Ujung Kulon | Oar Island Pandeglang Wisata Di Banten

Wisata Pulau Oar Ujung Kulon atau Oar Island memang kini menjadi salah satu alternatif bagi tempat wisata di Banten yang cukup potensional, mengapa begitu? Pulau Oar Pandeglang memiliki pasir pantai yang putih nan halus disepanjang garis pulau serta gugusan terumbu karang sehat yang terhampar dibawah lautnya menjadi daya tarik yang paling utama bagi para traveller.

Sebelumnya apakah kamu sudah tau akan pulau cantik ini? mungkin bagi sebagian orang mendengar nama Pulau Oar masih terbilang cukup asing, namun suasana pulau yang masih sangat asri karena sepi akan pengunjung, oleh sebab itulah pulau ini akan menawarkan sejuta pengalaman liburan di Ujung Kulon yang tak terlupakan. Suasana hening yang jauh dari keramaian seperti inilah yang tepat bagi kamu yang ingin merefreshkan pikiran dari segala kepenatan dan stress. 

Mungkin kita sudah cukup familiar dengan Pulau Umang atau Pulau Peucang yang sudah populer menjadi wisata alam di Pandeglang terbaik hingga saat ini. Akan tetapi jangan salah ternyata selain kedua pulau tersebut masih ada pulau cantik lainnya yang saling berdekatan dan tak kalah indah yakni Pulau Oar. Terletak hampir saling berdekatan menjadikan suasana diketiga pulau ini hampir serupa, sudah terbayang akan keindahannya bukan? 

Berkat kemajuan dunia teknologi informasi, dewasa ini Pulau Oar mulai dikenal oleh masyarakat umum melalui media jejaring sosial. Beredarnya foto-foto indah akan tempat wisata Pandeglang ini membuat banyak orang penasaran akan pesonanya, dan berdasarkan kebutuhan akan informasi tersebut maka dalam konten artikel Tempat Wisata Mania kali ini, saya akan memaparkan secara detail tentang pulau ini.

pulau oar
Pulau OAR
Tentu kita sudah tau jikalau tempat wisata Banten menawarkan segudang potensi wisata alam yang mengagumkan, seperti contohnya mulai dari Pantai Tanjung Lesung hingga Taman Nasional Ujung Kulon yang sudah terkenal hingga mancanegara. Untuk Pulau Oar merupakan sebuah pulau mungil yang tak berpenghuni dengan luas total hanya sekitar 5.2 hektare saja. Dengan komposisi pulau yang terdiri dari hutan, semak belukar hingga hutan bakau.

Lantas dimanakah lokasi Pulau Oar? berada di Desa Sumur, Pandeglang yang tercatat masih masuk dalam Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Bagi kamu yang ingin berkunjung, maka kamu dapat mengikuti petunjuk jalan ke Pulau Oar berikut ini.
  • Jika kamu berdosimili di Jakarta dan Sekitarnya, maka kamu dapat mengarahkan kendaraan melalui Jalan TOL Jakarta-Tanggerang-Merak. Kemudian nantinya kamu dapat keluar di Pintu TOL Serang Timur.
  • Dengan ini dapat menghemat waktu dibandingkan kamu harus keluar di Pintu TOL Serang Barat, lalu melewati rute Pantai Anyer-Pantai Carita.
  • Setelah keluar di Serang Timur, kamu dapat mengarahkan kendaraan menuju arah pusat Kota Serang hingga Pandeglang, dan nantinya akan melewati Alun Alun Pandeglang
  • Ikuti saja jalan hingga mengarahkan hingga nanti belok kiri di Terminal Mengger dan terus ikuti jalan menuju Labuan
  • Kemudian hingga nanti setelah melewati Terminal Labuan belok kiri mengikuti jalan ke Tanjung Lesung/Pulau Umang, dan terus ikuti jalan menyusuri pesisir pantai
pulau oar
belok kiri setelah Terminal Labuan
  • Setelah itu nantinya belok kiri kearah Cibaliung / Pulau Umang dan ikuti jalannya
pulau oar
belok kiri ke arah Cibaliung
  • Lalu belok kanan di Pasar Cibaliung dan ikuti petunjuk marka jalan menuju Sumur, maka kamu akan tiba di Desa Sumur
Setibanya di Sumur, maka kamu diharuskan mencari lokasi / seseorang yang dapat mengantarkan kamu menyeberang ke Pulau Oar, dan jika mau kamu dapat menggunakan jasa seorang kenalan bernama "Pak Endang-087889204214". Perihal biaya ke Pulau Oar, kamu dapat langsung bernegosiasi dengan beliau karena notabene Pak Endang bukanlah agen travel melainkan hanya seorang nelayan yang sudah pasti harganya lebih murah. Dimana sewaktu saya menggunakan jasanya (terbaru update 2018), saya hanya membayar sekitar Rp. 500.000 untuk 9 orang dan harga tersebut sudah termasuk pergi-pulang, biaya tiket masuk Pulau Oar sekaligus biaya perijinan camping. Akan tetapi bagi kamu yang ingin snorkeling, tak perlu khawatir kamu dapat meminta Pak Endang untuk menyewakan alat snorkeling dengan biaya sekitar Rp. 45.000/orang.

pulau oar
menuju kapal Pak Endang
Estimasi waktu penyeberangan ke Pulau Oar hanya sekitar 15-20 menit tergantung kondisi laut, cukup dekat bukan? setibanya di pulau cantik ini maka kamu akan disambut degradasi warna air laut serta suasana pulau yang tak berpenghuni. Dimana kamu dapat bebas bercanda gurau dengan para sahabat atau berkeliling pulau yang hanya membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit saja, sangat seru bukan?

pulau oar
tiba di Pulau OAR
pulau oar
selamat datang di Pulau OAR
Jika kamu berkeliling, maka kamu akan menemukan sebuah bangunan tua yang sudah tak terawat lagi, dimana menurut Pak Endang itu merupakan sebuah bangunan yang memiliki erat hubungannya dengan sejarah Pulau Oar. Pada awalnya pulau ini merupakan sebuah pulau pribadi yang konon pemiliknya merupakan seseorang yang cukup arogan. Pemilik tersebut biasanya sering melarang para warga dan nelayan untuk masuk kawasan pulau tanpa izin. Dengan sikapnya tersebut, lama kelamaan memancing amarah para warga yang akhirnya memuncak dengan aksi membakar bangunan tersebut, dan takut akan nyawanya terancam, maka sang pemilik melarikan diri dan akhirnya pulau ini terbengkalai hingga saat ini.

Berdiri dipesisir pantainya, maka kamu akan dapat melihat Pulau Umang dari kejauhan, dan bilamana kamu ingin juga berkunjung ke pulau tersebut, kamu dapat meminta pada Pak Endang untuk mengantarkan kamu menyeberang. Akan tetapi dikarenakan pulau itu merupakan kawasan resort, maka kamu akan dikenakan biaya berkunjung jika bukan tamu resort, dimana biaya berkunjung sebesar Rp. 150.000/orang dan itupun hanya diberikan waktu kunjungan sekitar 2 jam saja.

Seperti dalam penjelasan diatas, bilamana disekitar pulau ini terdapat perairan yang masih sangat terjaga, maka tak heran jika kegiatan snorkeling merupakan hal wajib untuk dilakukan. Memiliki terumbu karang serta aneka biota laut beragam, menjadi tontonan yang sangat menghibur. Kamu dapat datang ke spot snorkeling yang berada di sisi kanan pulau, kemudian sebagai tambahan atraksi kamu juga dapat berenang ke bagan/tambak ikan terapung, dimana kamu dapat melompat dari atasnya. Sangat seru bukan?

pulau oar
snorkeling di Pulau OAR
pulau oar
diatas tambak ikan
Lelah setelah bermain air seharian, kamu dapat duduk santai disekitar pantai seraya menunggu sunset datang. Perihal fasilitas meskipun notabene pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni, namun tetap sudah tersedia toilet, sumur air tawar serta beberapa saung. Bahkan sudah ada seorang penjual makanan keliling yang menyediakan beberapa jenis makanan ringan, teh, kopi hingga rokok, akan tetapi penjual tersebut hanya ada dari pagi hingga sore hari saja.

pulau oar
camping di Pulau OAR
pulau oar
makan di saung
pulau oar
sunset di Pulau OAR
Bagi kamu yang ingin bermalam, memang tidak ada fasilitas penginapan di Pulau Oar sehingga kamu diharuskan camping di Pulau Oar. Kendati begitu adanya justru itulah yang membuat pulau ini terasa spesial dibandingkan Pulau Umang atau Pulau Peucang. Dengan melihat segudang potensinya maka tak diherankan lagi jika pulau ini sekarang mulai naik daun dikalangan para pecinta kegiatan outdoor.

*Tips
  • Gunakan aplikasi maps pada smartphone untuk tambahan acuan jalan
  • Perhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan, karena jalur yang dilalui umumnya berkelok-kelok serta menanjak dan menurun
  • Dikarenakan akan berkemah, maka persiapkan segala peralatan dan bahan logistik seperti makanan dan minuman
  • Sebaiknya letakkan bahan logistik didalam tenda saja agar aman, mengingat cukup banyak biawak laut disekitar pulau
Menikmati cahaya orange di langit sore hari bersama para sahabat merupakan hal sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Karena senja mengajarkan kita bahwa sedikit apapun waktu itu sangat berharga, dan Karena senja juga mengajarkan tentang melepas serta keikhlasan.

Sebagai tambahan juga tentang Curug Cikaso.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal Pulau Oar Ujung Kulon atau Oar Island Pandeglang wisata di Banten. Terima kasih telah berkunjung ke Tempat Wisata Mania, semoga segala informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel